Sabtu, 21 Juli 2012

Lanjutan INTRANET

Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. oleh karena itu, sebuah jaringan Internet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh internet, seperti Email, FTP (File transfer Protokol) dsb.

jaringan Intranet merupakan jaringan Internet yang hanya dimiliki oelh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. tetapi, intranet juga dapat terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Inranet lainnya (internet working) melalui backone internet.

ada beberapa alasan mengapa suatu organisasi menggunakan Intranet :
  1. memungkinkan keterpaduan yang mudah antara e-mail internal dengan eksternal.
  2. memungkinkan dipergunakannya perangkat lunak yang mudah, maupun teknologi kemampuan cukup, serta terjangkau biayanya maupun teknologi penyimpanan, pencarian kembali, mengkomunikasikan, dan mengolah sumber - sumber informasi organisasi.
  3. memungkinkan kemudahan dalam akses pada berbagai sumber yang menarik dari internet, khususnya materi yang dipublikasikan pada World wide web.

penggunaan Intranet dapat mendatangkan beberapa keuntungan, di antaranya :

  1. Produktifitas kerja, adanya intranet dapat membantu pekerjaan dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menunjang peran dan tanggung jawab masing - masing/
  2. pemanfaatan waktu, melalui intranet pegawai organisasi dapat memperoleh akses informasi kapanpun sehingga terjadi efesiensi waktu.
  3. komunikasi, adanya Intranet dapat memudahkan komunikasi antarbagian suatu organisasi, secara horizonal maupun vertikal.
  4. operasi dan manajemen, Intranet dapat digunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis, baik secara internal maupun eksternal.
  5. kerangka perubahan budaya kerja, Melalui Intranet, pegawai - pegawai organisasi dapat terhubung dan bekerja sama dalam dunia maya sehingga memungkinkan munculnya pemikiran atau ide untuk pengembangan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar